Selasa, 07 April 2015

(PART 03) PENYELARASAN & EVALUASI SATYA BUANA BATAM, BULAN MARET 2015

MINGGU PAHING, TANGGAL 29 MARET 2015

Hari Minggu Pagi Pahing tanggal 29 Maret 2015 merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh segenap anggota Satya Buana Batam karena akan diselenggarakan acara Penyelarasan & Evaluasi.  Acara ini tergolong agak unik dan special karena dalam kurun waktu 7 tahun, dari tahun 2009 sampai 2015 baru pertama kalinya akan diadakan di Pantai Melayu Barelang dan juga sangat istimewa karena acara ini akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Satya Buana yaitu H. Drs. RP. Sutjahyo yang akrap dipanggil Pak Yoyok.

Jam di HP menunjukkan 06:00 AM, frekuensi kesibukan di Sekretariat Satya Buana Batam mulai menggeliat, persiapan –persiapan dari mulai seksi transportasi, konsumsi dan dukumentasi serta accesoris seperti spanduk acara, bendera Satya Buana dan Bendera Merah Putih, masing-masing sudah ada penanggung jawabnya


Let’s go !!! Kami berangkat satu –persatu beriringan , pertama mobil HJ sebagai ujung tombak pembuka jalan dikemudikan oleh Aris, keduanya mobil SC dikemudikan oleh Yus, ketiganya mobil KIA T dikemudikan Gito, Keempatnya mobil MT dikemudikan oleh Saprizal, kelimanya mobil TC dikemudikan oleh Marno merupakan mobil terakhir dari Piayu yang berfungsi sebagai Sweeper, Sedangkan rombongan dari Batu Aji naik mobil HA sudah lebih awal berangkatnya .

Jalan raya masih terlalu sepi dari aktifitas lalu-lalang kendaraan, perjalanan lancar dan nyaman, tak terasa sudah sampai TOP 100 MALL Trembesi , belokan ke arah Jembatan Barelang sudah didepan mata. Sesaat kemudian, begitu mata memandang disuguhkan berderet-deret kios kecil (kios renteng) yang menjajakan berbagai jajanan baik makanan ataupun minuman.

Mata memandang ke depan, jembatan Barelang yang tinggi menjulang terlihat samar-samar karena langit mendung dan kabut tebal berarak-arakan pertanda hari akan hujan.

Wow…akhirnya, kami sampai di Pelataran parkir Pantai Melayu Barelang, waktu masih terlalu pagi, pengunjung masih sepi, terlihat hanya beberapa petugas yang beraktifitas. Sesampai di tepi pantai kami langsung disambut dengan rintik-rintik hujan keberkahan, karena menurut cerita salah satu petugasnya bahwa di pantai melayu Barelang sudah selama lima bulan lebih belum turun hujan. Barang-barang peralatan acara beserta accesorisnya segera diamankan di Pondok atau Gazebo yang telah disewa sebelumnya.



Ada dua peserta senam Satya Buana yang berstatus sebagai pelajar SMK Negeri 03 Batam yaitu Robbi dan Reza dengan sigapnya menyiapkan dan memasang accesoris spanduk termasuk bendera-benderanya. 



Pakde Suryamat dan Cak Piir sebagai Kordinator Pelatih tak mau ketinggalan, beliau sudah menempatkan diri terlebih dahulu di pasir tepi pantai yang akan digunakan untuk acara Penyelarsan & evaluasi. Untuk mengawalinya maka dimulailah dengan "Doa Pembuka" yang dilakukan 
secara bersama-sama baik bagian Reguler maupun Lansia. Untuk senam Reguler, Jurus Pemula pun digesa dengan hanya separoh porsi, begitu juga dengan bagian senam Lansia juga dikurangi porsinya.


Langit Mendung, rintik-rintik hujan keberkahan masih setia menemani langkah demi langkah dalam gerak jurus, nafas & konsentrasi, terhanyut dalam hembusan angin pantai yang sepoi-poi basah & deburan ombak yang menderu-deru, menghempas bibir pantai Melayu Barelang. Suara hitungan aba-aba dari Pemandu terdengar jelas, sekali-kali terdengar celotehan anak-anak kecil bersuka ria bermain pasir ditepi pantai.

Semua itu tak luput dari perhatian Pak Yoyok, begitu ada kejanggalan dalam gerak jurus atau tehnik napas yang terjadi dilapangan, beliau tak segan-segan turun langsung untuk memberikan contoh gerak jurus atau tehnik napas yang benar menurut pakem silabus. Tehnik hisap-buang napas di senam Lansia harus terdengar keras & jelas, jangan protes walaupun bentuk hidung dan bibir jadi berantakan, ending-effectnya akan terasa atmosfir yang berbeda dari sebelumnya.


Setelah selesai jurus pemula dilanjutkan dengan duduk pendinginan dan pengintian niat untuk beberapa saat.


Sebelum puncak acara, semua peserta dikumpulkan dan diposisikan tempatnya masing-masing dalam kondisi berjarak, rapi & teratur. Bapak Yoyok segera menempatkan diri didepan, acara Penyelarasan & Evaluasi pun dimulai  


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar